Kenali Perkembangan Otak Anak Anda Yang Berusia 1-2 Tahun

2 bulan yang lalu    

Perkembangan otak balita sudah 1-2 tahun


Balita adalah manusia kecil yang penasaran, emosional, dan sibuk. Ini pertanda semua perkembangan otak luar biasa yang terjadi setiap hari. Saat mereka menuju hari ulang tahun kedua mereka, mereka akan mulai menunjukkan minat lebih pada orang-orang daripada hal-hal lainnya, menjadi lebih dan lebih bergaul dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Diet sehat sangat penting bagi otak mereka yang sedang berkembang, jadi kami menyertakan beberapa saran bermanfaat di bawah ini tentang nutrisi.

Pusaran sosial anak Anda

Anak Anda sudah mencintai semua orang yang dekat mereka - terutama Anda! Tapi antara usia 1 dan 2, mereka mulai menjadi lebih sadar akan orang lain dan belajar bahwa mereka bisa sama menyenangkan seperti mainan.

Mereka akan menyukai lagu dan sajak yang memiliki tindakan, dan akan dengan senang hati melakukannya dengan siapa saja yang ingin bermain bersama. Kegiatan ini sangat bagus untuk belajar tentang berbagai suara, kata-kata dan bahasa tubuh.

Emosi mereka berkembang selama masa ini juga dan mereka akan mulai menyadari bagaimana perasaan mereka saat mereka bahagia, sedih atau frustrasi. Mereka sering kali ingin memberi tahu Anda bagaimana perasaan mereka, menggunakan segala jenis ungkapan, tindakan dan kata-kata!

 

Berbicara dan berpikir


Beberapa balita mulai menghubungkan kata-kata dan suara dengan makna - seperti guk-guk untuk anjing - segera setelah ulang tahun pertama mereka, dengan kata-kata nyata yang mengikuti di belakang. Pada usia 18 bulan kebanyakan balita dapat mengatakan sekitar 50 kata dan mengerti 500 makna, jadi walaupun mereka mungkin tidak banyak bicara, mereka akan mendengarkan!


Ketika memikirkan, mereka menjadi kotak kecil. Pada 12 bulan Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka menyusun 2 gagasan bersama untuk membentuk sebuah rencana. Misalnya, ketika mereka merasa lapar mereka mungkin menuju ke dapur di mana mereka tahu ada kesempatan bagus untuk diberi makanan. Mereka juga menjadi pengambil keputusan kecil, memiliki gagasan pasti tentang apa yang ingin mereka lakukan dan bagaimana mereka ingin melakukannya. Perilaku mereka mengambil perasaan yang lebih teratur, memungkinkan mereka beralih dari bermain dengan balok bangunan mereka untuk makan  dan kembali lagi, cukup mudah.

Pada usia 18 bulan balita Anda akan dapat memahami lebih banyak tentang apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka akan menemukan hal-hal di tempat-tempat tertentu dan tahu bahwa beberapa kegiatan berlangsung pada saat bersamaan. Jadi jika Anda mengubah rutinitas mereka, atau meletakkan mainan favorit mereka di tempat yang berbeda, mereka mungkin akan memperhatikannya! Sembunyikan dan cari permainan menjadi lucu pada tahap ini saat bayi Anda belajar apa yang diharapkan dan apa yang tidak diharapkan.

Semua perkembangan ini memiliki efek praktis juga - balita Anda akan segera ingin berpakaian sendiri dan membantu diri mereka sendiri untuk makan malam mereka. Mereka adalah penyalin hebat dan peserta didik yang antusias, sehingga Anda dapat dengan mudah mulai mengajar mereka bagaimana melakukan hal-hal ini, walaupun mungkin mereka memerlukan bantuan Anda untuk sementara waktu. Sungguh menakjubkan dan bermanfaat untuk melihat mereka menjadi lebih mandiri saat kepribadian kecil mereka berkembang.

 

Ingat! ingat!

Ingatan balita Anda meningkat dengan cepat antara usia 1 dan 2, dan ini bisa mengejutkan seberapa tajamnya. Pada sekitar 12 bulan mereka akan mengenali sajak dan tahu cara bermain game, dapat menunjukkan buku mana yang memiliki gambar favorit mereka di dalamnya, dan akan tahu mainan mana yang menjadi mainan mereka. Mereka juga akan mulai memahami gagasan 'saya' dan 'saya', dan bisa menjadi sangat posesif dari apa yang menjadi milik mereka. 'Tambang' bisa menjadi kata yang bagus. Tapi jangan khawatir - mereka akan belajar kegembiraan berbagi akhirnya!

Pada usia 18 bulan balita Anda akan dapat mengingat beberapa ayat dari sajak favorit mereka. Jadi bernyanyi dan membaca bersama akan mengambil dimensi baru, dengan balita Anda dengan cepat menunjukkan bit yang Anda lupakan atau salah!


Game untuk mengembangkan Skill Sosial


Bantu balita ramah Anda untuk lebih bersosialisasi dengan permainan hebat ini.

• Sembunyikan dan cari - coba sembunyikan sesuatu di bawah handuk teh dan panggil 'inilah dia' saat si kecil Anda cekikikan menemukannya - jeritan tawa terjamin!

• Copycats - membuat wajah konyol, mengayunkan tangan ke sekitar atau menggoyangkan bahu dan mendorong anak Anda untuk melakukan hal yang sama.


Makanan pintar untuk otak cemerlang

Saat balita Anda terus berkembang di dalam dan di luar, mereka membutuhkan makanan seimbang dan sehat yang mencakup banyak makanan yang meningkatkan otak. Besi, ditemukan pada makanan seperti daging merah dan sayuran berdaun hijau, dan lemak omega-3 penting dalam minyak lobak penting untuk pengembangan otak yang sehat.

Balita tidak boleh makan makanan yang sama dengan kita - mereka membutuhkan diet khusus yang sesuai untuk tubuh mereka yang sedang tumbuh. Makanan energi slow release seperti miju dahl, pisang dan bubur merupakan pilihan bagus untuk menjaga agar tetap aktif dan waspada sepanjang hari. Dan memastikan mereka mendapatkan berbagai macam makanan akan membantu mereka mendapatkan berbagai nutrisi yang mereka butuhkan.




Komentar Artikel "Kenali Perkembangan Otak Anak Anda Yang Berusia 1-2 Tahun"