Sebaiknya Anak 2 Tahun sehari Minum susu Berapa Kali?

5 bulan yang lalu    

Sebuah studi baru, yang dipublikasikan secara online pada 17 Desember 2012 di Pediatric, menemukan bahwa 2,1 cangkir susu setiap hari memberi anak-anak jumlah vitamin D yang cukup tanpa menurunkan kadar zat besi, yang merupakan efek samping dari minum terlalu banyak susu.

Untuk setiap cangkir susu tambahan, ini akan mengurangi cadangan zat besi sedikit. Tetapi pada anak-anak yang berisiko kekurangan zat besi misalnya, sebenarnya jumlah sedikit itu sangat penting.

American Heart Association merekomendasikan makanan olahan susu bebas lemak dan rendah lemak harus menjadi bagian dari diet seimbang, termasuk dua cangkir susu atau setara untuk anak-anak 1-8 tahun dan tiga cangkir susu atau setara untuk anak-anak 9-18.  Pedoman Diet 2010 yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan tiga cangkir susu untuk remaja antara 9 dan 18, 2,5 cangkir untuk anak-anak 4 sampai 8 tahun dan dua cangkir untuk anak-anak 2 sampai 3 tahun.

Susu dan produk susu lainnya telah dikenal untuk meningkatkan asupan protein, kalsium, magnesium, folat, B1, B2, B6, B12, dan vitamin A, D, dan E, menurut WebMD. Namun, susu sapi bisa meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi seseorang.

Susu sapi dapat menyebabkan kekurangan zat besi karena mengandung zat besi kurang dari makanan lain yang mungkin diganti, dan juga membuat tubuh lebih sulit menyerap zat besi dari makanan lain.

Susu sapi juga bisa membuat usus kehilangan sejumlah kecil darah, selanjutnya menipiskan zat besi. The National Institutes of Health of America mengatakan bahwa terjadinya anemia defisiensi besi, lebih sering terjadi pada bayi yang berusia kurang dari 12 bulan yang minum susu sapi dan anak kecil yang banyak minum susu sapi daripada mengonsumsi makanan dengan lebih banyak zat besi. Dr. Emilia Baczek, seorang ahli gizi anak-anak di Rumah Sakit Anak-anak La Rabida di Chicago, mengatakan kepada HealthDay bahwa kalsium dalam susu adalah hal yang mempengaruhi tingkat zat besi.

"Kalsium membuat penyerapan zat besi sedikit lebih susah," kata Baczek. "Balita sering kali tidak mendapatkan cukup zat besi dalam makanan mereka."

Periset mengamati sampel darah dari 1.311 anak-anak berusia antara dua sampai lima tahun yang pergi ke dokter untuk kunjungan rutin. Mereka ditanya berapa cangkir susu sapi yang diminum anak mereka setiap hari atau jika mereka menggunakan botol.

Rata-rata, anak-anak minum 1,9 cangkir susu sehari. Setiap cangkir susu meningkatkan kadar vitamin D mereka sebesar 6,5 persen, namun menurunkan kadar zat besi mereka hingga 3,6 persen. Minum dari botol tidak meningkatkan kadar vitamin D, namun menurunkan kadar zat besi.

Baczek mengatakan rekomendasi dua cangkir per hari itu adalah jumlah yang paling bagus.  (diterjemahkan dari CCSNEWS)

 

Seorang anak berumur 2-3 tahun membutuhkan dua porsi produk susu per hari. Satu porsi setara dengan 1 cangkir (8 oz) susu, 3/4 cangkir yogurt, 1,5 ons keju. Jadi jika anak Anda tidak mengonsumsi yogurt atau keju, maka Anda akan memberi ASI sebanyak 16 oz.




Komentar Artikel "Sebaiknya Anak 2 Tahun sehari Minum susu Berapa Kali?"